10 PESEPAKBOLA AFRIKA TERMAHAL SEPANJANG MASA

Selama ini para pesepakbola dari Afrika telah memberikan kontribusi yang sangat besar untuk sepakbola Eropa. Bakat dan kualitas khas permainan benua Afrika ini telah menempatkan mereka diantara para pemain yang paling berharga di dunia. Dan inilah 10 pesepakbola Afrika termahal sepanjang masa, diantaranya adalah :

– 1. Michael Essien (Chelsea) – € 38 juta

Essien pernah memenangkan penghargaan BBC African Player of the Year baru-baru ini. Pesepakbola Ghana ini menjadi pemain Afrika termahal sepanjang masa ketika Mourinho membelinya dari Olympique Lyonnais pada musim panas 2005 senilai € 38 juta. Peformanya bersama Chelsea cukup sukses, ia berhasil memenangkan Liga Premier 2 kali, Piala FA 4 kali dan Liga Champions sekali serta menjadi Player of the Year pada tahun 2007.

Tahun 2008, ia harus didekap cedera dan tahun 2013 ia harus dipinjamkan ke Real Madrid. Saat masa pinjamannya sudah habis, ia pun dipinjamkan ke AC Milan dan hanya tampil sebanyak 22 kali di semua kompetisi. Baru-baru ini, ia menandatangani kontrak baru bersama Panathinaikos.

– 2. Didier Drogba (Chelsea) – € 35,97 juta

Karir Didier Drogba bisa menjadi sangat berbeda jika dirinya setuju menandatangani kontrak bersama West Ham pada tahun 2003 silam. Di awal karirnya bersama Marseille, penampilannya begitu menarik minat Chelsea dan West Ham. Drogba tentu lebih memilih Chelsea daripada West Ham. Meskipun awalnya Drogba tidak tampil produktif, sosoknya begitu dibutuhkan The Blues. Masa keemasannya datang disaat penampilan terakhirnya melawan Bayern Munchen di final Liga Champions dimana dirinya mencetak gol penyeimbang dan mencetak gol dalam drama adu pinalti.

Sejak saat itu, Drogba pindah ke Shanghai Shenhua dan mendapatkan gaji £ 200.000 seminggu serta hijrah ke Galatasaray sebelum dirinya dipanggil kembali ke Chelsea musim panas lalu. Namun posisi Drogba sekarang di Chelsea berbeda dengan dulu, ia selalu dibayang-bayangi sosok Diego Costa. Ia kemudian berencana untuk meninggalkan The Blues dan ingin mencoba tantangan baru di MLS, AS.

– 3. Yaya Toure (Manchester City) – € 33,8 juta

Toure telah bermain di sejumlah liga Eropa disepanjang karirnya, ia pertama kali memulai debut kala membela klub Perancis, AS Monaco. Penampilannya menarik minat Barcelona dan membelinya senilai € 10 juta pada tahun 2007. Selama berseragam Barca, ia telah memenangkan 7 piala.

Sejak Pep Guardiola lebih memilih Busquest di lini tengah, Toure mulai kehilangan tempat sehingga ia mengumumkan akan meninggalkan Barca pada akhir musim 2010. Manchester City adalah klub yang ingin meminangnya dan memberikan gaji £ 200.000 seminggu. Baru-baru ini sempat terdengar rumor jikalau Toure akan meninggalkan The Citizens dalam waktu dekat dan hijrah ke Inter Milan.

– 4. Wilfried Bony (Manchester City) – € 32,6 juta

Peforma Bony selama berseragam Manchester City belum berhasil sejauh ini, ia hanya tampil 12 laga dan hanya mencetak 2 gol saja. Saat bersama Vitesse, ia menjadi sosok pemain yang produktif dan mencetak 34 gol dalam 73 laga di semua kompetisi.

 border=

Hal itulah yang menyebabkan dirinya diincar oleh sejumlah tim Liga Premier dan akhirnya ia memutuskan untuk bergabung dengan Swansea pada tahun 2013. Saat Bony tampil apik bersama Swans, ia pun dijemput oleh Manchester City senilai £ 28 juta.

– 5. Emmanuel Adebayor (Manchester City) – € 28,95 juta

Adebayor adalah bintang Arsenal sebelum dirinya hijrah ke Manchester City. Pada tahun 2008, ia mencetak 30 gol di semua kompetisi serta namanya masuk sebagai tim PFA of the Year sehingga AC Milan dan Barcelona menawarkan harga € 38 juta untuk menjemputnya dari Emirates. Tahun 2009, ia gagal bersinar di Arsenal sehingga menjualnya ke Manchester City. Selama membela The Citizens, Adebayor mendapatkan gaji £ 180.000 seminggu, namun sayang ia pun tidak dapat tampil baik sehingga dipinjamkan ke Real Madrid.

Setelah masa pinjamanya habis di Los Blancos, Adebayor pun dipinjamkan ke Tottenham. Karena tampil apik bersama klub London Utara dengan menjadi top-scorer, mereka membeli Adebayor dengan nilai £ 5 juta dan masih mendapatkan gaji £ 80.000 perminggu dari City sampai akhir musim ini.

– 6. Samuel Eto’o (Anzi Makhachkala) – € 28 juta

Kepindahan Eto’o ke Anzi menjadikan dirinya sebagai salah satu pemain Afrika bergaji tinggi sepanjang masa. Striker Kamerun ini menandatangani kontrak selama 3 tahun dengan gaji € 20 juta setahun. Sebelum hijrah ke Anzhi, Eto’o terlebih dulu menghabiskan masa 2 tahun bersama Inter Milan, ia mencetak 37 gol dan memenangkan treble di musim pertamanya.

Ia berhasil menunjukkan peforma yang baik kala berseragam Anzhi, namun sayang, sang pemilik malah menjualnya ke Sampdoria. Selama karirnya bersepakbola, masa keemasan Eto’o datang di klub Inter Milan dan Barca dimana dirinya membantu kedua tim tersebut meraih gelar treble.

– 7. Medhi Benatia (Bayern Munchen) – € 26 juta

AS Roma membayar € 13,5 juta untuk mendatangkan Benatia dari Udinese tahun 2013 silam. Setelah setahun membintangi pertahanan Roma, Benatia diincar oleh beberapa klub besar Eropa seperti Real Madrid, Barcelona, Chelsea, Manchester City dan Bayern Munchen. Munchen akhirnya bisa memenangkan persaingan ketat untuk mendatangkan bek Maroko ke stadion mereka dengan nilai transfer € 26 juta.

 border=

Bersama Munchen, kehadiran dirinya mengokohkan jantung pertahanan sehingga mereka berhasil mempertahankan gelar Bundesliga saat ini. Benatia mendapatkan gaji € 4 juta pertahun setelah menandatangani kontrak selama 5 tahun musim panas lalu.

– 8. Jay-Jay Okocha (Paris Saint Germain) – € 20 juta

Okocha dibeli oleh Paris Saint Germain senilai € 20 juta setelah mereka melihat penampilannya sebagai gelandang yang begitu produktif kala membela Fenerbahce dimana Okocha membukukan 30 gol dalam 62 laga. Pemain Nigeria ini menjadi favorit para fans di ibukota Perancis dan bertindak sebagai mentor Ronaldinho muda sebelum dirinya menjadi seorang superstar.

Okocha meninggalkan PSG setelah berakhirnya Piala Dunia 2002 dan hijrah ke salah satu klub Liga Premier, Bolton. Setelah 1 musim bersama Bolton, Okocha dipercaya menjadi kapten dan menjadi pahlawan bagi para fansnya. Dia juga pernah menjadi kapten timnas Nigeria antara tahun 2002 dan 2006 dan menyatakan keinginannya untuk menjadi presiden Asosiasi Sepakbola Nigeria di masa depan.

– 9. Alex Song (Barcelona) – € 20 juta

Song didatangkan ke Camp Nou seharga € 20 juta karena Barca melihat peformanya yang begitu mengesankan kala membela Arsenal di Liga Premier. Sayangnya bersama Barca, ia gagal membuktikan dirinya dan kemungkinan akan dijual ke klub lain setelah menyelesaikan masa pinjamannya bersama West Ham di musim lalu. Dia menandatangani kontrak selama 5 tahun senilai € 5 juta pertahun bersama Barca.

Gelandang Kamerun ini hampir dipastikan akan meninggalkan Camp Nou musim panas ini dan klub seperti Manchester City serta Chelsea tertarik untuk meminangnya. Song telah memenangkan satu trophi selama berseragam Barca yaitu pada musim 2012/13.

– 10. Obafemi Martins (Rubin Kazan) – € 17 juta

Banyak orang yang beranggapan jikalau Martins akan menjadi salah satu pesepakbola Afrika terbaik sepanjang masa, tapi nyatanya tidaklah demikian. Martins pernah membela sejumlah klub Eropa seperti Inter Milan, Newcastle dan Wolfburg. Ia bersama Newcastle pernah terdegradasi dari Liga Premier dan akhirnya menyebabkan ia harus hengkang ke Wolfbursg. Pada tahun 2010, Rubin Kazan menjemputnya dengan harga € 17 juta dari Wolfburg.

Bersama Rubin, Martins hanya bermain sebanyak 35 kali dan dipinjamkan ke Birmingham City dimana dirinya mencetak gol kemenangan di final Piala Liga namun sayang, Birmingham harus terdegradasi dari Liga Premier. Kini Martins bermain untuk klub Seattle Sounders di MLS setelah ditransfer dari Levante senilai € 4 juta.